tugas-1 kebutuhan hidup

Nama   : Deborah Rysca Pratiwi

NIM    : 110542302883

Prodi   : D3 Tata Busana

Tugas-1 Kebutuhan Hidup DeborahRyscaPratiwi

Cerita Hidupku

Namaku Deborah Rysca Pratiwi panggil aja aku Deborah atau Rysca. Aku lahir dari keluarga yang bisa dibilang sederhana atau cukup. Aku lahir di Kediri pada tanggal 26 juni 1993. Kebetulan ibuku berasal dari NTB lebih tepatnya di daerah Sumbawa, meskipun kota asal Ibuku di Sumbawa aku tetap tinggal di Kediri tempat asal ayahku dilahirkan. Selama aku di Kediri aku dan keluargaku selalu menyempatkan pergi ke NTB mengunjung nenek dan kakekku yang berada di NTB. Ketika aku masih kecil aku sering sekali di ajak pulang pergi dari NTB menuju Kediri atau sebaliknya.

Aku sekolah TK dan SD di Kediri, ketika aku masih TK ada satu kejadian yang sangat lucu. Waktu itu bel pulang sekolah telah berbunyi dan pada saat itu juga semua siswa siswi di TK tempat aku bersekolah bubaran pulang dan di jemput orang tua masing-masing. Pada saat itu aku juga dijemput sama ibuku, dia mengendarai sepeda Vespa milik ayahku. Waktu ibu dan Vespanya tiba di depan kelasku aku langsung lari menemui dia dan naik di atas sepeda, ketika aku belum siap menempatkan posisi enak tiba-tiba ibuku memasukkan gigi mesin dan menarik gasnya sehingga aku terjungkal terbalik ke belakang dan alhasil aku pulang dengan isak tangis yang tidak ada hentinya.

Sampainya dirumah aku melihat ayahku duduk-duduk di teras ruma dia melihatku datang dengan ibukku dan aku masih dalam keadaan menangis. Ayahku bertanga pada ibuku “kenapa anak ini menangis?” ibuku menjawab “dia habis jatuh dari sepeda ketika aku menarik gasnya” saat ayahku mendengar cerita itu ayahku marah dan dia langsung menenangkanku. Keesokan harinya aku berangkat sekolah dan bertemu dengan ibu guruku, guruku bertanya “siapa kemarin yang menangis ?” aku hanya bias tersenyum dan malu. Saat itulah kejadian yang lucu dan masih ku ingat sampai sekarang J.

Tahun 1999 aku masuk SD dan bertemu teman baru dan lebih banyak dari waktu aku masih di TK. Pertama kali aku masuk SD aku diantar oleh ibuku. Ketika bel berbunyi aku masuk kekelas baruku dan duduk bersama teman baruku. Waktu aku sudah berada di kelas ibuku masih tetap berada di depan kelasku dan memperhatikanku lewat jendela luar kelasku. Dia memastikan bagaimana keadaanku pada saat aku memulai pelajaran baru dengan teman-teman baruku. Pada saat kelas udah usai aku keluar kelas bersama teman-temanku. Aku pulang dijemput oleh ibuku.

Tahun 2000 pada saat kenaikan kelas dan Alhamdulillah aku naik kelas dan mendapatkan peringkat. Aku msuk peringkat sepuluh besar dan itu membuatku cukup berbangga hati. Pada bulan ke empat tepatnya bulan April ibuku melahirkan seorang bayi laki-laki dan dia adalah adikku. Adikku yang sangat lucu dan dia di beri nama Muhammad Yusuf Afrizal. Aku bangga mempunyai adik laki-laki, setiap pagi aku selalu membantu ibuku untuk menjaga dia sedangkan ibuku menyiapkan sarapan pagi. Aku suka godain dia bikin dia ketawa dan sebagainya. Enak punya adik jadi dirumah enggak sepi jadi di rumah ada temennya.

Tahun demi tahun aku lewati dengan masa anak-anakku yang cukup menyenangkan. Setiap hari libur sekolah atau libur hari minggu aku selalu pergi main bersama teman-temanku dikampung ataupun di Sekolah Dasar (SD). Kita pergi main sepedah keliling kampong pergi main kerumah temen. Kadang juga aku bersama temanku pergi main ke sungai mencari ikan ataupun sekedar merendam tubuh atau biasa anak kecil jaman dulu J. Tapi ketika jam sudah menunjukkan pukul 13.00 aku selalu dicari sama orang tuaku untuk tidur siang. Kalau aku tidak mau tidur siang aku selalu dimarahi sama orang tuaku.

Ketika aku kelas empat SD dan pada saat itu aku berusia sembilan tahun dan adikku berusia dua tahun. Waktu itu aku bertengkar dengan adikku. Kita bertengkar masalah sepele. Waktu itu adikku ganggu aku dan temen-temenku, akupun emosi dan aku jewer kuping dia. Dianyapun tidak terima karena aku jewer telinga dia, akhirnya dia ambil batu kecil dan dia melemparkannya tepat di kepala aku dan akhirnya kepala aku bocor keluar darah banyak. Mungkin  dia tidak sengaja melemparkannya tepat di kepala aku. Ketika orang tuaku tau adikku di marahi sama mereka tapi aku juga kena marah jadi kita sama-sama dimarahi sama orang tua kita.

Tahun 2003 pada saat kenaikan kelas lima ibuku pergi meninggalkan aku, ayahku dan adikku. Dia pergi merantau keluar negeri mencari uang untuk aku dan keluarganya. Pada saat itu aku mulai belajar mandiri. Aku ikut mengurusi adikku yang saat itu masih kecil dan ayahku yang kerjanya masih belum jelas. Aku belajar memasak nasi, aku bersih-bersih rumah dan semua yang bias aku kerjakan. Semuanya itu enggak enak aku merasa kesepian dan membosankan. Banyak masalah dan kebahagiaan yang datang. Tapi aku waktu itu masih kecil dan aku gak tau apa-apa tentang orang dewasa. Aku hanya bias bilang iya dan tidak tentang gossip-gosip yang datang L.

Tahun 2005 aku lulus SD dan pada saat itu aku mulai mencari SMP favourite. Aku mendaftar di salah satu SMP di Kediri. Aku tinggal menunggu pengumuman apakah aku akan di terima atau tidak. Pada saat aku menunggu sebuah pengumuman tanteku yang berada di batu tiba-tiba menghubungi saudaraku yang berada di Kediri. Dia bilang supaya aku bersekolah di Batu saja. Aku sih terima gak terima tapi aku piker lagi ini demi kebaikanku. Dan aku memutuskan untuk pergi dan bersekolah di Batu. Aku meninggalkan ayah dan adikku di Kediri sendirian. Tega gak tega semuanya kujalani. Pada hari H aku di antar sama ayah dan adikku. Sampainya di Batu aku merasa gak enak sama mereka berdua.

Hari demi hari aku lewati di SMP baru, kota baru dan teman baru, teman yang sebelumnya belum pernah atau sama sekali tidak pernah aku jumpai. Hari pertama masuk sekolah lumayan menyenangkan walau ada sedihnya juga. Pertama berada di Batu tiap malam aku menangis sendiri merindukan mereka-mereka yang telah merawat dan meahirkanku. Tapi aku juga merasa bahagia karena ada salah satu cowok yang telah mencuri hatiku J. Dia ternyata tetanggaku sendiri tapi sayangnya kita tidak satu sekolah. Dia benar-benar cowok yang sangat tampan menurut mata, hati dan pikiranku mmmm J.

Setiap hari aku selalu bertemu dengan dia. Pagi ketika aku berangkat sekolah aku slalu ketemu dia, malu, deg degan dan salting sendiri. gak tau namanya apa dia itu cinta pertama dan sampai sekarang aku masih mengaguminya, alay sih tapi gimana hati gak bias berbohong J.

Hari demi hari aku lewati dan akhirnya aku menemukan teman baru yang bisa di bilang gila, usil dan suder duper jahil. Mereka teman-teman yang asik buatku dan kehidupanku. Kita pernah bertengkar di masa-masa kita SMP waktu itu. Aku belajar banyak dari mereka, belajar sesuatu hal yang belum pernah aku coba dan aku mencobanya dengan temanku. Kita pernah belajar main music gila-gilaan padahal kita gak tau gimana cara mainnya, gak tau kunci-kunci atau cordnya. Kita nyewa studio music main dag dug dag dug gak jelas nyanyi gak jelas J gila abisss J.

Hari dimana kelulusan telah tiba yang dinanti-nati para murid SMP yang udah jenuh dengan guru-gurunyaJ. Kita menunggu lampiran tanda kelulusan di kirim di rumah masing-masing. Kenapa sekolah memberikan informasi kelulusan dalam bentuk lampiran yang dikirim kerumah masing-masing?. Karena mereka takut murid-muridnya akan corat-coret baju mereka dengan stabillo di area sekolahan. Tetapi namanya murid ya tetap aja coret-coret walaupun tidak di tempat itu.

Aku menikmati hari kelulusan dengan teman-temanku pergi makan ke daerah payung yang berada di daerah Batu. Kita pergi dengan uang pas-pasan sedangkan aku tidak membawa uang sama sekali. Ketika kita tiba disana, kita memesan makanan sesuka hati. Makanan datang , makanan habis dan saat proses mau bayar kita minta BIL pada mbaknya, kita langsung syok ketika kita meliahat jumlah hasil biaya yang telah kita pesan. Kita bingung mau bayar pakek apa uang kurang kita piker-pikir lagi dan akhirnya temenku inisiatif nemuin ayahnya. Akhirnya dia datang bersama ayahnya dan semua makanan yang kita pesan telah di bayar sama ayah temenku.

Tahun 2008 pendaftaran masuk SMK. Aku masuk di salah satu SMK mengambil jurusan Tata Busana. Aku menekuni bidangku di Tata Busana ini karena menurutku Busana itu asik, kita bias buat apa aja yang kita mau asal kreatif semuanya akan menghasilkan uang dan hasil yang cukup menarik.

Tahun 2011  aku lulus dari SMK kemudian aku melanjutkan studyku di Universitas Negeri Malang UM. Aku kuliah di malang mengambil jurusan Tata Busana. Aku mempunyai cita-cita yang sangat tinggi menurut teman-temanku tapi aku sangat amat ingin mewujudkannya. Aku ingin di usiaku yang ke 22 thn semua keinginanku atau impianku terwujud dan aku ingin membanggakan orang tuaku.

 

 

Tinggalkan komentar